Algoritma dan Pemograman
Algoritma adalah rangkaian langkah-langkah logis yang dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas komputasi. Sedangkan pemograman (programming) adalah proses menerjemahkan algoritma menjadi notasi-notasi atau karakter-karakter bahasa pemograman sehingga dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer.
Ada dua notasi algortima yang umum digunakan, yaitu : pseudocode dan flowchart.
Pseudocode adalah rangkaian intruksi yang menggambarkan langkah-langkah menyelesaikan permasalahan. Pseudocode tidak sama dengan bahasa pemograman akan tetapi cara penulisan pseudocode sama dengan penulisan kode-kode dari bahasa pemograman. Flowchart adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi. Akan tetapi agar siswa mudah mengerti ada baiknya siswa dilatih dengan menggunakan algoritma deskriptif terlebih dahulu. algoritma deskriptif adalah lgoritma yang bentuknya berupa uraian kalimat yang menggambarkan langkah – langkah dalam menyelesaikan suatu masalah. Simpelnya adalah algoritma deskriptif tidak terpatok pada penulisan pesudocode maupun kode penulisan bahasa pemograman.
Struktur Penulisan pseudocode terdiri dari
Pertama, bagian judul. Bagian ini digunakan untuk menuliskan judul dari program yang sedang dibuat.
contoh :
1 2 | PROGRAM HelloWorld
{Program untuk mencetak “Hello World”}
|
Kedua, bagian deklarasi. Bagian ini digunakan untuk menyebutkan setiap nama-nama dari konstanta, variabel, prosedur, atau fungsi yang akan digunakan pada algoritma/program.
contoh :
1 2 3 4 5 | DEKLARASI
const phi = 3.14
nama : string
NIM : string
semester : integer
|
Ketiga, bagian algoritma. Bagian ini merupakan bagian inti yang berisi instruksi dari algoritma yang akan di eksekusi.
Contoh algoritma mencetak hello word
Simbol-simbol Flowchart
Contoh Soal
Buatlah program untuk menghitung luas persegi panjang. Pada program tersebut, pengguna akan menginput nilai panjang dan lebar persegi panjang. Setelah itu, program akan menghitung luas persegi panjang dan menampilkan hasil penghitungan pada pengguna.
Jawaban
Mengenal Struktur/Template Program
Bahasa pemograman yang digunakan adalah Dev C++
Memahami Variabel, Value, Konstanta, Ekspresi dan Intruksi Input/Output
Variabel dapat dikatakan sebagai objek yang dapat kita gunakan untuk menyimpan suatu angka/kalimat/nilai yang akan digunakan oleh prgoram atau menyimpan hasil pengolahan data.
Tipe Data
Sumber : buku informatika grafindo dan erlangga