Senin, 24 Januari 2022

TAMPILAN INTERFACE LEMBAR KERJA MICROSOFT POWER POINT

 

Microsoft PowerPoint adalah paket program komputer untuk presentasi yang bekerja dibawah sistem operasi Microsft windows dan Apple Macintosh. Fiturnya yang dinamis, minimalis, dan desain tampilan artistik yang membuat Microsoft PowerPoint ini merupakan software yang menjadi andalan dalam melakukan presentasi. Microsoft PowerPoint 2016 ini meruapakan versi terbaru yang memiliki desain tampilan dan beberapa fitur yang berbeda dari versi sebelumnya.


1. Bagian-bagian antarmuka Microsoft PowerPoint 2016 :

  • Title Bar, menampilkan nama file yang sedang aktif atau terbuka.
  • Tab File, tombol untuk mengaktifkan backstage yang diamana didalamnya terdapat perintah yang berhubungan dengan pengololahan dokumen seperti menyimpan, mencetak, dan beberapa fitur lainnya.
  • Quick Access Toolbar, terdapat kumpulan tombol perintah yang sering digunakan : save, undo, redo.
  • Tab Ribbon, terdiri dari beberapa tab yang mengorganisasikan berbagai perintah. Masing-masing tab terdiri dari beberapa groups dan setiap groups terdiri dari beberapa tombol perintah.
  • Tombol Ribbon Option & help,  tombbol ribbon options digunakan untuk menentukan tampilan ribbon yang akan digunakan, sedangkan tombbol help digunakan untuk mencari tutorial cara pengguanaan Microsft Word 2016.
  • Tombol Sign In, digunakan untuk melakukan integrasi dengan SkyDrive.
  • Group, meruapakan isi dari tab ribbon yang dimana berisi beberapa tombol perintah untuk mejalankan perintah tertentu.
  • Tombol Expand, digunakan untuk memunculkan kotak dialog setiap group yang berisi berbagai fitur dan perintah.
  • Lembar kerja, tempat untuk mengetik dan mengolah teks, serta menambahkan koten lainya seperti gambar, table, grafik, dan lain-lain.
  • Outline, tampilan beberapa lembar kerja.
  • Status Bar, meruapakan bagian yang berisi informasi tetang halaman yang sedang aktif, seperti nomor urut halaman dan jumlah halaman.
  • Tombol Notes & Comment, digunakan untuk memunculkan kolom Notes dan Comment
  • Zoom Level, digunakan untuk mengatur tampilan ukuran lembar kerja microsft word
  • View Mode, digunakan untuk merubah tampilan lembar kerja Microsft Word

2. Mengenal Ribbon

Tab Ribbon.png

  • Tab Home, berisi grup untuk mengola slidem seperti menambah slide, memilih layout, format text, mengatur posisi text, dan masih ada beberapa lainnya.
  • Tab Insert, meruapakan kumpulan beberapa tombol perintah seperti menyisipkan gambar, diagram, table, hyperlink, dan masih ada beberapa lainnya.
  • Tab Design, digunakan untuk mengatur orientasi slide, ukuran lembar kerja, backgroud, , dan masih ada beberapa lainnya.
  • Tab Animations, digunakan untuk mengatur transisi slide, animasi, objek, efek suara, dan masih ada beberapa lainnya.
  • Tab Slide Show, berisi beberapa tombol perintah untuk mengatur slide saat dijalankan.
  • Tab Format, digunakan untuk mengolah objek terpilih. Tab ini bersifat dinamis dan menyusaikan dengan format yang di perlukan oleh objek yang sedang aktif.