Selasa, 03 Desember 2013

Perangkat Lunak Komputer

1. Definisi Perangkat Lunak
Komputer memproses data menjadi suatu informasi yang berguna bagi penggunaannya. Dengan komputer diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah.Sebelum menjadi informasi,data tersebut diproses melalui perangkat keras (hardware) dengan menggunakan perangkat lunak (software).  Perangkat lunak atau sering disebut dengan software adalah bagian system computer yang tidak berwujud berupa data yang disimpan secara digital, termasuk program. jadi Perangkat lunak adalah program yang dipasang pada komputer berisi intruksi/perintah yang diberikan brainware (manusia) untuk melakukan pengolahan data, sehingga bisa dibaca dan ditulis pada komputer.


2.Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) terbagi menjadi 4 macam, yaitu : sistem operasi
(operating system), program aplikasi (Applications programs), bahasa pemrograman (Programming Language) dan program bantu sistem (Utility system).

a. Sistem operasi (Operating System)
Sistem operasi adalah program yang digunakan untuk mengendalikan kerja sistem komputer.Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan komputer,supaya manusia bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada pada komputer.
Beberapa contoh sistem operasi sebagai berikut :
a) MS-Dos (Microsoft Disk Operating System)
b) Microsoft Windows

Gambar : Windows 10
Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft berbasis GUI (Graphic User Interface). MS Windows untuk saat ini sering digunakan karena sistemnya mudah dipahami dan sederhana.
c) Linux
Gambar: sistem operasi Linux

d) Sistem Operasi Mac OS

Sistem operasi Mac (Macintosh Operating System) yang merupakan sistem oprasi berbasis Graphic User Interface dari Apple.
e) Solaris
f) Novell

Interaksi antara pengguna dengan komputer dikenal dengan 2 cara,yaitu :
- CUI (Character User Interface) adalah pemberian intruksi melalui
pengetikan perintah.
-GUI (Grapical User Interface) adalah pemberian intruksi dengan cara
tunjuk (pointer) dan klik pada tampilan

b. Program Aplikasi (Applications Programs)
Program aplikasi adalah program yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu sesuai kebutuhan pemakainya.Program aplikasi dibagi menjadi :
1) Word Processing,merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata.Contohnya adalah WordStar, Word Perfect,Chiwriter,,Microsoft Word, Open Office Writer dan Star writer.
2) Sreadsheet,merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka.Contohnya adalah Lotus,SuperCalc,Quanttro,Sysmphoni,Microsoft Excel,Open Office Calc dan Star Spreadsheet.
3) Presentasi,merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat
presentasi .Contohnya adalah Macromedia Flash,Microsoft Power Point dan Open Office Impress.
4) Database,merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah data.Contohnya adalah dBase III,Foxpro,Microsoft Access dan Open Office Base.
5) Design Grafis, merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah gambar. Contohnya adalah CorelDraw, Photoshop, Microsoft Picture Manager dan Open Office Draw.
6) Multimedia/Games, merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah data menjadi hiburan.Contohnya adalah Real Player, Media Player Winamp,Solitare dan Free Cell.
7) Internet, merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu dalam mecari informasi dan komunikasi melalui jaringan internet.Contohnya Internet Explore,Mozilla Fire Fox,Opera,Netscape dan Yahoo Messeger.
8) CAD (Computer Aid Design), merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancang konstruksi mesin atau bangunan. Contohnya
adalah AutoCad dan 3Dmax.

c. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa pemrograman (programming language) adalah software yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa program komputer.Ada tiga level bahasa pemrograman, yaitu :
1) Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut bahasa mesin (assembler),dimana pengkodean bahasa ini menggunakan kode angka 0 dan 1.Contoh bahasa mesin ini adalah Machine Language, Assembly Language dan RPG (Report Program Generator).
2) Bahasa tingkat tinggi (hight level language)
Bahasa ini sudah diterjemahkan dari bahasa mesin ke dalam bahasa manusia sehingga mudah untuk dipelajari.Contoh:BASIC,COBOL
dan PASCAL.
3) Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OPP).Contoh Software bahasa 4 GL adalah visual Basic ,Delphi,Java dan Visual C++.

d. Program Bantu Sistem (Utility System)
Program bantu system adalah software yang digunakan untuk membantu
meningkatkan kinerja sistem operasi.Contohnya adalah :

1) Norton Utility (Norton Commander,Norton Disk Doctor)
Norton Commander merupakan utility yang digunakan untuk mengelola manajemen file.Norton Disk Doctor merupakan utility yang membantu memperbaiki harddisk yang rusak.
2) WinZip/Winrar,aplikasi ini digunakan untuk mengkompres file.Mengkompres adalah mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil,sehingga ketika akan membackup file tidak memakan memori yang banyak.
Winrar

3) Norton Ghost,aplikasi ini digunakan untuk membackup harddisk secara keseluruhan termasuk sistem operasi,aplikasi dan membackup partisi.
4) Anti Virus,aplikasi ini digunakan untuk memberi keamanan komputer
Terhadap serangan virus komputer.Jenis virus ada banyak diantaranya
Worm, Trojan, Backdoor, dan lain-lain. Contoh aplikasi ini adalah Kapersky, McAfee, Norton Anti Virus, AVG, Antivir,PCMav/Pcmedia dan Smadav.
Anti Virus AVG