Kamis, 06 Desember 2012

Program Analisis Butir Soal dengan Excell

Masih ngomongin program aplikasi excell, karena masih sehubungan dengan musim ulangan umum, maka posting ini juga akan sedikit mengurai program analisis butir-butir soal ulangan umum. Langsung aja ya.... ke topik.   
Kegiatan menganalisis butir soal merupakan salah satu “kewajiban bagi setiap guru”. Dikatakan kewajiban karena setiap guru pada akhirnya harus dapat memberikan informasi kepada lembaganya ataupun kepada siswa itu sendiri tentang bagaimana dan sejauhmana penguasaan dan kemampuan yang telah dicapai siswa terhadap materi dan keterampilan-keterampilan mengenai mata pelajaran yang telah diberikan.
Sejalan dengan pengertian di atas maka evaluasi berfungsi sebagai alat untuk mengetahui tercapai  tidaknya suatu tujuan pembelajaran, umpan balik bagi proses pembelajaran, sebagai dasar untuk menyusun laporan kemajuan belajar siswa, sebagai dasar merumuskan kriteria ketuntasan minimal  dan untuk mengetahui sejauh mana kualitas butir soal yang disusun.

Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diperoleh siswa dari hasil ulangan umum masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya nilai tersebut kemungkinan adalah kualitas alat evaluasinya. Oleh karena itu menganalisis butir soal harus merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang tidak dapat ditinggalkan.

  



            Tampilan Program Analisis Butir Soal

Untuk itu, dalam postingan ini saya menyertakan file programnya, agar bisa didownload langsung oleh ibu/bapak guru serta bisa dimodifikasi sesukanya. Program pendukung untuk membuat analisis butir soal pilihan ganda serta uraian ini dibuat dalam bentuk format excel. Silahkan download dibawah ini.


Semoga bermanfaat.